Pengaruh Media Tanam dan Pemberian Berbagai Dosis Kalium Nitrat terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Mentimun (Cucumis sativus L.)

Authors

DOI:

10.25047/agriprima.v7i2.527

Published:

Sep 30, 2023

Issue:

Vol. 7 No. 2 (2023): SEPTEMBER

Keywords:

KNO3, Media tanam, Produksi Mentimun

Articles

How to Cite

Astuti, E. D., & Hariyono, K. (2023). Pengaruh Media Tanam dan Pemberian Berbagai Dosis Kalium Nitrat terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Mentimun (Cucumis sativus L.). Agriprima : Journal of Applied Agricultural Sciences, 7(2), 181–194. https://doi.org/10.25047/agriprima.v7i2.527

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Produksi mentimun di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, namun masih tergolong rendah, yaitu rata-rata 10 ton/ha. Sehingga perlu usaha untuk meningkatkan produksi mentimun dengan berbagai macam teknologi yang tepat dalam budidaya mentimun diantaranya penggunaan  media tanam dan pemupukan yang tepat. Media tanam dapat dikombinasikan untuk mendapatkan berbagai nutrisi yang tepat untuk tanaman dapat tumbuh, berkembang, dan bereproduksi dengan baik. Salah satu pupuk yang dibutuhkan tanaman untuk memenuhi unsur nitrogen dan kalium adalah Kalium Nitrat (KNO3). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara jenis media tanam dengan berbagai dosis kalium nitrat terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman mentimun. Penelitian dilakukan dalam Rancangan Acak Lengkap Faktorial dan diulang 3 kali dengan faktor pertama yaitu jenis media tanam yang terdiri atas empat taraf yaitu tanah (P1), tanah + cocopeat (P2), tanah + arang sekam (P3), dan tanah + pasir (P4). Faktor kedua yaitu dosis KNO3 yang terdiri atas 4 taraf, yaitu Kontrol-NPK (K1), KNO3 10 gr/tanaman (K2), KNO3 15 gr/tanaman (K3) dan KNO3 20 gr/tanaman (K4). Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi kombinasi perlakuan media tanam dan dosis KNO3 berpengaruh nyata terhadap parameter diameter batang dengan perlakuan P3K3 sebagai perlakuan terbaik. Media tanam terbaik yang mempengaruhi pertumbuhan dan produksi tanaman mentimun adalah media yang terdiri atas tanah dan arang sekam dengan perbandingan 1:1. Dosis KNO3 yang memberikan pengaruh terbaik terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman mentimun adalah dosis 15 gr/tanaman.

References

Abdurrazak, A., M. Hatta, dan A. Marliah. 2018. Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Mentimun (Cucumis Sativus L.) Akibat Perbedaan Jarak Tanam dan Jumlah Benih Per Lubang Tanam. Jurnal Agrista Unsyiah. 17(2): 55–59.

Afthansia, M., dan M. D. Maghfoer. 2018. Respons Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Pakcoy (Brassica Rapa L.) pada Berbagai Konsentrasi Nutrisi dan Media Tanam Sistem Hidroponik. Jurnal Produksi Tanaman. 6(9): 2233–40.

Alviani, Puput. 2015. Bertanam Hidroponik Untuk Pemula. Pondok Kelapa : Bibit Publisher. Depok: Bibit Publisher.

Bariyyah, K., S. Suparjono, dan Usmadi. 2015. Pengaruh Kombinasi Komposisi Media Organik dan Konsentrasi Nutrisi terhadap Daya Hasil Tanaman Melon (Cucumis Melo L.).” Planta Tropika: Journal of Agro Science. 3(2): 67–72.

Erythrina. 2010. Perbenihan dan Budidaya Bawang Merah. Seminar Nasional Inovasi Teknologi Pertanian Mendukung Ketahanan Pangan dan Swasembada Beras Berkelanjutan di Sulawesi Utara. Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP).

Ginting, Y. C., Rugayah, dan W. Hanolo. 2008. Pertumbuhan Tunas Tanaman Mangga (Mangifera Indica L.) Manalagi Dan Gedong Setelah Pemangkasan Awal Dan Aplikasi KNO3.” Pp. 337–43 in Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi II.

Gustia, H. 2013. Media Tanam Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Sawi. E-Journal WIDYA Kesehatan Dan Lingkungan. 1(1): 12–17.

Haris, A., dan K. Veronica. 2014. Studi Pemupukan Kalium Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Jagung Manis (Zea Mays Saccharata Sturt ).” Sains Dan Teknologi 2(1): 1–5.

Sidauruk, C., O. J. Ginting, dan J. Napitupulu. 2013. Pengaruh Konsentrasi dan Frekuensi Aplikasi Etephon terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Mentimun (Cucumis Sativus L.). Jurnal Online Agroekoteknologi. 2(1): 54–63.

Kolo, A., dan K. Tri. 2016. Pengaruh Pemberian Arang Sekam Padi dan Frekuensi Penyiraman terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Tomat (Lycopercicom Esculentum Mill). Savana Cendana. 1(03):102–4.

Nuryani, E., G. Haryono, dan Historiawati. 2019. Pengaruh Dosis dan Saat Pemberian Pupuk P terhadap Hasil Tanaman Buncis (Phaseolus vulgaris L .) Tipe Tegak. Jurnal Imu Pertanian Tropika Dan Subtropika. 4(1): 14–17.

Salli, M. K., Y. I. Ismael, dan Y. Lewar. 2016. Kajian Pemangkasan Tunas Apikal dan Pemupukan KNO3 terhadap Hasil Tanaman Tomat. Jurnal Pertanian Politeknik Pertanian Negeri Kupang. 4(2): 85 - 98.

Sutriana dan Saputra. 2022. Aplikasi Arang Sekam Padi dan Gandasil B terhadap Pertumbuhan Serta Hasil Tanaman Cabai Rawit (Capsicum Frutescens L.)” Jurnal Agroteknologi Agribisnis Dan Akuakultur .2(2): 14–25.

Septyarini., D. E. 2018. “Pengaruh Pupuk Kandang Dan Pupuk Urea Pada Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Bayam (Amaranthus hybridus). Skripsi. Malang: Universitas Brawijaya.

Shintarika, F., dan S. N. Wahida. 2022. Pengaruh Dosis Pupuk KNO3 terhadap Kadar Gula pada Tiga Varietas Melon di BPP Lampung. AgroSainta : Widyaiswara Mandiri Membangun Bangs.a 6(1):1–8.

Siregar, R. P., J. Ginting, dan Meiriani. 2016. Pertumbuhan dan Produksi Tembakau Deli (Nicotiana Tabacum L.) terhadap Pemberian Pupuk KNO3 dan Pupuk Organik Cair Urin Kelinci Deli. Jurnal Agroteknologi FP USU Medan. 6(2):1–23.

Sulistyawati, D. P., Y. Sunaryo, dan Darnawi. 2020. Pengaruh Dosis Arang Sekam dan Pupuk KNO3 terhadap Pertumbuhan dan Hasil Timun Suri (Cucumis Melo L.) Dalam Polybag Jurnal Ilmiah Agroust. 2(2):86–94.

Winarno, F. G. 1984. Kimia Bahan Pangan Dan Gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Winarno, F. G. 1997. Kimia Bahan Pangan Dan Gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wulandari, H. 2018. Pengaruh Kombinasi Jumlah Tanaman Per Polybag dan Komposisi Media Tanam terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Mentimun (Cucumis sativus L .) Var . Venus. Agrosains. 2(1):11–17.

Author Biographies

Endah Devi Astuti, Universitas Jember

Kacung Hariyono, Universitas Jember

License

Copyright (c) 2023 Endah Devi Astuti, Kacung Hariyono (Author)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

You are free to:

  • Share — copy and redistribute the material in any medium or format.
  • Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.

Under the following terms:

  • Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
  • ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
  • No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.